Minggu, 22 Juni 2014

Veritas Vos Liberabit

بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم


Veritas Vos Liberabit, begitulah judul yang aku berikan pada blog ini. Apa artinya itu? Kalimat itu aku ambil dari bahasa latin yang memiliki arti kurang lebih, "Kebenaran akan membebaskanmu.". Veritas Vos Liberabit juga menjadi motto sebuah institusi pendidikan tinggi di Amerika Serikat, Johns Hopkins University. Lalu kenapa aku memilih nama itu? Begini, banyak orang yang mengatakan apalah arti sebuah nama, yang artinya dalam pemahamanku bahwa banyak orang yang menganggap nama sama sekali tidak memberikan pemaknaan pada apapun. Kenyataannya dalam sebuah nama tersimpan doa, harapan, cita-cita yang tinggi. Nama mengandung unsur semangat yang akan banyak membantu di masa-masa sulit, dengan mengingat makna dari sebuah nama yang diberikan orangtua pada anaknya akan membuat si anak bersemangat dalam kehidupannya. Lalu aku tegaskan sekali lagi,


"Dalam sebuah nama tersirat sebuah doa..."


Kenapa aku mengambil nama itu? Aku ingin blog ini mampu mengungkapkan kebenaran-kebenaran yang kabur tentang hidup, bisa jadi hidupku, hidupmu, atau hidup mereka-mereka yang lain. Kebenaran adalah suatu harga yang tak bisa ditawar, kebenaran akan tetap menjadi sebuah kebenaran dimanapun ia berada, namun yang harus kita garis bawahi adalah kebenaran memiliki banyak sekali wajah hanya jika kita memperhatikannya dengan seksama. Kebenaran bisa kita analogikan sebagai massa yang bergantung dari volume dan densitas suatu zat, sementara wajahnya adalah berat yang bergantung pada medan gravitasi tempat benda tersebut berada.


Lalu apa makna dari, 'Kebenaran akan membebaskanmu.' ? Maknanya dengan kebenaran, kita bisa terbebas dari kebodohan. Kebodohan, semoga Allah menjauhi kita daripadanya, senantiasa menjadi pangkal dari beragam permasalahan di muka bumi ini. Kebodohan melahirkan kenaifan, kesombongan, kemiskinan, kesesatan, bahkan kekafiran. Bodoh merupakan senjata utama setan untuk memperdaya umat manusia. Allah memberikan kita hati yang diterangi iman dan akal yang diterangi oleh kebenaran untuk melawan setan dan kebodohan yang ia ciptakan.

Tanpa bermaksud untuk SARA, Veritas Vox Liberabit merupakan jawaban dari petanyaan Qued Est Veritas? Pernyataan ini, jika kalian ingin tahu, bisa ditemukan dalam Pontius Pilatus (Gospel Of John). Bagaimana pemaknaan terhadap hal ini mungkin aku bisa menceritakan kisahnya pada kalian pada posting-posting berikutnya.

Di dalam blog ini aku akan banyak bercerita tentang pengalaman-pengalaman hidupku, berbagai kisah-kisah tentang kebijaksanaan dan filsafat, mungkin akan sedikit menyinggung pada permasalahan agama, lalu aku juga akan menceritakan banyak hal tentang perkembangan ilmu pengetahuan terutama di bidang teknik dan biologi. Aku juga akan bercerita mengenai sejarah, ya aku orang yang menyukai sejarah, dan juga tokoh-tokoh hebat yang semuanya aku tulis dalam sudut pandangku terhadap mereka.

Dan pada akhirnya aku berdoa semoga blog ini dapat memberikan manfaat pada kita semua...

Veritas Vox Liberabit

1 komentar: