Selasa, 29 Juli 2014

Rhazes Institute

بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Well, aku ingin bercerita tentang impian terbesarku kepadamu. Iya ini mimpi yang sangat luarbiasa yang aku rancang berulang-ulang di dalam kepalaku ini. Sebut saja seandainya saja aku Walt Disney, maka impian ini adalah Disneyland. Impianku adalah membentuk sebuah lembaga riset medis terkemuka bernama Rhazes Institute. Sebenarnya tidak hanya lembaga riset medis, namun juga sebuah institusi pendidikan yang memfokuskan diri kepada ilmu-ilmu kesehatan. Rhazes institut akan menjadi lembaga riset panutan di dunia, tempat dimana ilmu begerak mondar-mandir dengan begitu cepatnya.

"Apa & Kenapa bernama Rhazes Institute?"

Rhazes adalah nama latin untuk seorang ilmuan terkemuka yang hidup di zaman keemasan Islam, Muhammad ibn Zakariya al Razi. Dia adalah salah satu pioner penting dalam farmasi dan kedokteran bersama-sama dengan Hipokartes, Galen, dan Ibn Sina. Kenapa aku tidak mengambil nama yang lain? Karena aku menginginkan nama dari seorang tokoh zaman keemasan Islam yang memiliki peran tak tergantikan dalam kemajuan medis sekarang dan karena sudah terlalu banyak yang mengambil nama Ibn Sina/Avicenna, maka aku memutuskan untuk mengambil Rhazes sebagai nama institut ini. Walaupun sebenarnya ada hal yang sedikit mengganjalku dengan nama ini, Rhazes kendatipun ia adalah ilmuan besar di zaman keemasan Islam, dia bukan seorang muslim, dia seorang deis. Wallahualam.
Rhazes Institute akan mengambil motto:
مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلاَّ أَنْزَل لَهُ شِفَاءً
yang diambil dari hadis nabi dengan arti kurang lebih adalah, "Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Ia turunkan untuk penyakit itu obatnya."

"Apa motivasimu mendirikan Rhazes Institute?"

Pertama aku termotivasi dengan ketertinggalan umat muslim belakangan ini. Aku ingin memberikan motivasi pada mereka untuk kembali maju ditambah lagi dengan mengingatkan mereka bahwa dahulu kita pernah memiliki generasi emas yang begitu luarbiasa. Aku ingin mengulangi generasi emas tersebut dengan kembali mencetak ilmuan-ilmuan unggul dalam ilmu medis. Motivasiku yang kedua berangkat dari keprihatinanku akan masa depan kesehatan & pendidikan orang-orang kelas bawah. Untuk sehat dan pintar tak semua orang bisa menjangkaunya. Aku ingin institut ini menjembatani impian sehat & pintar itu bagi orang kelas bawah. Institut ini bukan hanya untuk umat muslim, namun terbuka bagi semua umat yang membutuhkan. Motivasiku berikutnya tentu saja adalah karena aku seorang penggila ilmu. 

"Rhazes Institute memiliki universitas juga, jurusan apa yang ditawarkan?"

Pastinya adalah jurusan yang berhubungan dengan ilmu medis. Aku telah membuat kemungkinan jurusan-jurusan yang dibuka di Rhazes Institute:
  • Kedokteran
  • Bioteknologi
  • Biomedik
  • Biologi
  • Farmasi

Tentu saja impian ini sampai sekarang masih merupakan proyek wacana, tapi aku akan berusaha keras untuk menjadikan impian ini menjadi kenyataan. Aku akan berusah sangat keras, In Shaa Allah, semuanya akan tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar